Action Script sederhana pada macromedia flash 8
Pada frame di beri action seperti berikut:
================
musik = new Sound();
musik.attachSound(“morning glories”);
musik.start(0);
================
Pada libraries : untuk file yang akan di jadikan lagu klik
kanan pilih linkage, Pastikan musik.attachSound (“nama”) sama.
————————————————————————————————————————————————–
Action script untuk load movie:
================
on (release, keyPress “<Enter>”) {
loadMovieNum(“standarkompetensi.swf”, 0);
}
================
Pastikan nama (“*.swf”, 0) sama dengan yang di file.
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
Action script untuk next dan prev frame baik bila di klik
maupun lewat keyboard:
Untuk next frame
===============
on (release, keyPress “<Right>”) {
nextFrame();
}
===============
Untuk prev frame
===============
on (release, keyPress “<Left>”) {
nextFrame();
}
===============
Catatan: pastikan di setiap frame yang kita buat di beri action:
stop();
————————————————————————————————————————————————–
Action script untuk tampilan menjadi full jika di play
pertama kali lewat folder:
fscommand(“fullscreen”, 1);
pastikan sama jika yang di pakai 1 maka selanjutnya juga
harus 1.
————————————————————————————————————————————————-
Tombol play dan stop
Tombol play:
========
on (release) {
play();
}
=========
Tombol stop:
==========
on (release) {
stop();
}
==========
Atau jika ingin di arahkan ke frame yang diinginkan:
Untuk tombol play:
===========
on (release) {
gotoAndPlay(8);
}
============
Untuk tombol stop:
=============
on (release) {
gotoAndStop(1);
}
=============
Kita tinggal mengganti angka dalam kurung (…) dengan frame
yang kita inginkan.
Penggunaan “gotoAndPlay”:
Action ini digunakan jika kita ingin mengulang animasi yang
kita buat. Biasa digunakan untuk animasi yang ada on atau off, dalam artian
jika ditekan on langsung bergerak dan jika ditekan stop akan kembali ke semula.
Penggunaan “gotoAndStop”:
Action ini digunakan jika obyek yang kita inginkan diam.
Atau kita tidak ingin beranjak pindah ke frame berikutnya secara otomatis.
—————————————————————————————————————————————————
Untuk tombol keluar:
Jika di tekan langsung keluar, di beri action
===========
on(release){
fscommand(“quit”,1);
}
===========
Jika kita menginkan ada animasi terlebih dahulu, diberi
action pada akhir animasi atau akhir frame :
===========
fscommand(“quit”, true);
===========
ConversionConversion EmoticonEmoticon